Jumat, 27 Desember 2013

Bisnis Online

Bisnis online adalah aktivitas bisnis yang dijalankan secara online, guna menawarkan barang atau jasa. Biasanya menggunakan internet. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online dimana transaksi suatu bisnis dapat dilakukan tanpa betatap muka atau bahkan tidak saling kenal sebelumnya.


3 Jenis Online Shop:
- Online Mall
Online Mall ibarat sebuah mall yang sering kita lihat secara fisik, disana ada berbagai macam jenis barang dan vendor yang berdagang. Begitu juga dengan Online Mall, didalamnya terdapat banyak sekali jenis produk dan vendor seperti yang kita lihat di sebuah mall fisik. Contohnya adalah tokobagus.com, disana Anda bisa menemukan banyak sekali produk.
- Niche Online Shop
Contohnya adalah siBayi.com, mereka memasarkan produk yang identik dengan "anak dan bayi" saja. Tentu saja disana Anda tidak akan menemukan sebuah gaun pesta untuk orang dewasa.- -
- Very Niche Online Shop
Online shop jenis ini memiliki produk yang sangat spesifik, contohnya jika Anda adalah produsen sepatu "A" maka jika Anda membuat website online shop yang di dalamnya hanya memasarkan sepatu "A" hasil produksi Anda tersebut maka itu bisa disebut sebagai very niche online shop.

Beberapa kiat usaha jualan online yang bisa anda jalankan:
- Website
Anda bisa memanfaatkan website untuk usaha jualan online karena website ini akan mudah dikunjungi banyak orang. Dengan website yang menarik dan beberapa informasi pendukung di website anda agar pengunjung mudah mendapatkan informasi produk pada website anda.
 - Kualitas
Anda bisa menjual produk dengan kualitas bagus sehingga banyak orang yang melirik produk anda. Kualitas baik ini memang tidak bisa dibuktikan secara langsung karena cara berjualan ini secara online sehingga untuk menguatkan bahwa kualitas barang anda bagus, anda bisa membuat artikel pendukung tentang keunggulan produk yang anda jual.
- Produk
Anda bisa menjual produk yang sering di beli orang atau produk yang sangat dibutuhkan orang saat itu maupun dalam jangka panjang. Contohnya saja anda menjual produk kosmetik.
Kosmetik sampai kapan pun masih diminati banyak orang terutama wanita. Pilihlah produk dengan kwalitas baik dan sering dibutuhkan orang. Jika produk tersebut jarang diminati orang, peluang anda untuk mendapatkan banyak konsumen juga sedikit. Hal ini menjadi masalah bagi keuangan anda dan perputaran modal tidak akan cepat.
- Pendapat konsumen
Anda bisa memasang pendapat dari beberapa konsumen anda yang telah menggunakan produk anda pada website. Pendapat dari mereka bisa menjadi promosi untuk orang lain atau pembaca lainnya.
- Alamat yang jelas
Jika anda menjadi penjual pada website anda, berikanlah informasi pada pembaca tentang alamat usaha anda dengan lengkap menyangkut no. hp, alamat kantor kalau ada, dan beberapa keterangan tentang pembayaran produk.
- Gambar dan keterangan pendukung
Selain menyediakan gambar produk, anda juga bisa menulis beberapa artikel tentang produk anda. Artikel ini bisa berupa review produk yang nada jualan ataupun tips khusus yang berhubungan dengan produk anda.
- Promosi online
Untuk memasarkan usaha jualan online anda bisa melakukan berbagai promosi online melalui situs tertentu. Selain situs anda juga bisa optimasi website anda agar mudah ditemukan mesin pencari atau search engine.
Biasanya ada banyak situs penyedia jasa promosi website secara gratis maupun berbayar. Situs promosi berbayar biasanya lebih baik hasilnya daripada situs promosi gratisan. Jika hal ini kurang mendukung anda bisa membeli jasa optimasi SEO atau backlink untuk mendapatkan jumlah pengunjung pada website anda.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar