Jumat, 22 November 2013

10 Etika Bisnis Yang Harus Diketahui

Ketika Anda ingin terkesan profesional dalam dunia bisnis, ada banyak sekali aturan-aturan standar yang harus diikuti, seperti bagaimana caranya memperkenalkan diri, cara memesan makanan di restoran. Namun, sayangnya, sekolah bisnis jarang sekali mendiskusikan atau mengajarkan soal etika profesional ini. 
Barbara Pachter membuat buku karya terbarunya yang berjudul  "The Essentials Of Business Etiquette" yang membahas tentang keterampilan profesional tertentu harus memahami ketika menampilkan diri di lingkungan bisnis.
Seperti yang ada dalam buku yang ditulis oleh Barbara Pachter, berikut ini adalah aturan dalam bisnis, seperti:

1. Selalu katakan nama lengkap Anda
Dalam dunia bisnis, Anda harus menggunakan nama lengkap, selain itu Anda juga harus memperhatikan bagaimana orang lain ingin diperkenalkan. Jika nama Anda terlalu panjang atau sulit diucapkan, Pachter sarankan untuk mengubah atau memperpendeknya, atau Anda juga bisa menuliskan nama Anda pada sebuah kertas, dan bahkan lebih baik Anda berikan kartu nama. 

2. Selalu berdiri saat Anda memperkenalkan diri
Berdiri saat memperkenalkan diri dapat membantu membangun rasa percaya diri Anda dihadapan orang lain. 

3. Ucapkan Terima kasih Sekali atau Dua Kali Selama Percakapan
Anda bisa ucapkan terima kasih sekitar satu atau dua kali selama percakapan. Hal itu tampak sederhana namun dapat membantu Anda di hadapan audiens.

4. Tuliskan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang terlibat dengan Anda
Kirimkan tulisan ucapan terima kasih kepada setiap orang yang berada di lingkungan bisnis Anda. 

5. Jangan menarik keluar kursi kosong untuk orang lain
Tidak jadi soal saat Anda membukakan pintu untuk tamu yang akan datang, namun Pachter mengungkapkan supaya Anda jangan menarik kursi kosong yang disediakan untuk tamu Anda. Sebab dalam lingkungan bisnis, Anda harus meninggalkan aturan sosial jender.

6. Jangan silangkan kaki Anda
Baik pria dan wanita pasti suka menyilangkan salah satu kakinya ke kaki yang lain. Menurut pachter, hal ini dapat mengganggu orang lain karena Anda akan terkesan seksi di mata klien. Selain itu menyilangkan kaki bisa mengganggu sirkulasi darah dan juga kesehatan Anda.

7. Jangan gunakan telunjuk untuk menunjuk
Usahakan untuk tidak menggunakan telunjuk saat hendak menunjuk sesuatu.

8. Gunakan tangan untuk memotong roti 
Pachter mengatakan, gunakan tangan Anda saat hendak memotong roti Anda saat Anda makan malam dengan relasi bisnis. Jangan sekali-kali menggunakan pisau untuk memotong roti. 

9. Jangan mendorong diri atau menumpuk piring Anda
Anda bukanlah seorang pelayan restoran, jadi jangan mendorong diri dan menumpuk piring saat anda makan malam bisnis dengan relasi. 

10. Jangan minta kotak penyimpan makanan saat Anda hendak pergi
Saat Anda sedang melakukan makan malam dengan relasi bisnis, jangan meminta kotak untuk membawa makanan yang tidak habis.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar