Sikap
adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini
mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu, sedangkan perilaku adalah
sebuah gerakan yang dapat diamati dari luar.
Menurut
James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19)
terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
1. Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya,
kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen
adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu
dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan
yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor
tersebut diatas.
2. Perbedaan
dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan,
sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan
faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku.
Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses
keputusannya.
3. Proses
psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap
dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian
konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam
penambilan keputusan pembelian.
• Faktor
Pembentuk Sikap :
a.
Pengalaman langsung dari yang telah lalu
b.
Pengaruh keluarga dan temanteman
c.
Pasar Langsung
d.
Ekspose di Media Massa
•
Strategi Mengubah Sikap
1.
Mengubah Fungsi motivasi pelanggan yang mendasar
2.
Menghimpun barang-barang dalam suatu kelompok yang dikenal
3.
Menghubungkan dua sikap yang bertentangan
4.
Mengubah model yang lebih banyak
5.
Mengubah keyakinan pelanggan tentang merek yang digunakan pesaing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar