Sumber Daya Konsumen
Sumber
daya konsumen adalah segala sumber daya konsumen yang mempengaruhi konsumen
dalam melakukan pembelian produk maupun jasa. Sumber daya konsumen ada 3 yaitu
sumber daya ekonomi, sumber daya temporal, sumber daya kognitif.
1.
Sumber Daya Ekonomi
Uang adalah
alat untuk melakukan transakasi dalam pembelian. Konsumen dipengaruhi oleh
sumber daya ekonominya dalam melakukan keputusan. Pembelian juga dipengaruhi
oleh pendapatan seorang konsumen.
2.
Sumber Daya Temporal
Waktu merupakan
variabel penting bagi konsumen. Konsumen semakin ingin memanfaatkan waktu
semaksimal mungkin. Contoh barang yang digunakan konsumen untuk menghemat waktu
ialah rice cooker, mesin cuci, kompor gas, dll.
3.
Sumber Daya Kognitif
Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang digunakan untuk melakukan kegiatan
pengolahan informasi alokasi kapasitas yang biasa disebut perhatian. Perhatian dibagi
dua:
-
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
-
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang
difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang
harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian
dialokasikan selama pengolahan informasi.
Pengetahuan
Pengetahuan adalah
segala informasi yang didapat atau dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk
serta pengetahuan lain yang berkaitan dengan fungsi konsumen. Pengetahuan produk
ini juga akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan dari berbagai
macam alternatif pilihan produk yang ada. Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam
tiga macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian, Pengetahuan
Pemakaian.
1. pengetahuan
produk
Pengetahuan
Produk adalah sekumpulan informasi mengenai suatu produk. Pengetahuan ini
meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau fitur, harga
produk dan kepercayaan mengenai produk.
2.
pengetahuan pembelian
Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen lebih
cenderung senang memilih membeli di toko yang ia kenal karena telah mengetahui
penempatan produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan konsumen dan
serta dapat menghemat waktu dalam berbelanja.
3. pengetahuan
pembelian
Suatu produk
akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan
atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yg maksimal, maka konsumen harus dapat menggunakan produk tersebut
dengan benar. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar
konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar