Perilaku Konsumen adalah perilaku dari
konsumen dari mulai mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta mengganti
produk barang dan jasa
yang sesuai harapan dan dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Faktor-faktor yang mempengaruhi individu:
1. Faktor Sosial
a. Group
sikap dan perilaku individu banyak dipengaruhi
oleh kelompok-kelompok kecil. Dimana kelompok tersebut secara langsung (primary
groups) dan tidak langsung (secondary groups) yang mempunyai interaksi satu
dengan yang lain sehingga group memiliki peran dalam mempengaruhi individu dalam
pembelian.
b. Keluarga
keluarga mempunyai peran terbesar dalam mempengaruhi individu
dalam pembelian suatu produk karena
keluarga pula yang mempunyai peran paling banyak dalam interaksi seorang
individu.
c. Peran dan status
peran merupakan aktivitas yang diharapkan
seseorang sesuai orang-orang dalam lingkungan sekitarnya. Tiap peran
membawa sebuah status yang merefleksikan penghargaan umum yang diberikan oleh
masyarakat.
2. Faktor Personal
a. Keadaan ekonomi
keadaan ekonomi akan mempengaruhi pilihan
produk seorang individu, dimana dengan situasi tersebut seseorang akan
melakukan keputusan terhadap produk mana yang akan ia beli yang terjangkau
dengan keadaan ekonominya pada saat ini.
b. Gaya hidup
gaya hidup seseorang akan membentuk pola
kehidupan yang membentuk aktivitasnya, dimana seseorang dapat mengekspresikan
dengan menunjukkan ketertarikan dan opini terhadap suatu produk.
d. Umur
seseorang akan merubah pilihan produknya
seiring dengan siklus kehidupannya. Umur tentulah memiliki peran penting dalam
mengambil keputusan untuk tetap pada suatu produk atau menggantinya dengan yang
lebih terasa manfaatnya.
e. Pekerjaan
pekerjaan seseorang mempengaruhi pembelian,
perbedaan dalam pekerjaan akan berbeda pula pembeliannya.
3. Faktor Psikologis
a. motivasi
kebutuhan yang mendorong seseorang untuk
mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Ketika satu level kebutuhan
terpenuhi maka seseorang akan mencari sesuatu yang ada memuaskan kebutuhannya
pada level selanjutnya (teori marslow).
b. Persepsi
presepsi seorang konsumen akan mempengaruhi
dia dalam pembelian suatu produk. Seorang konsumen akan menerjemahkan setiap informasi
yang ia dapat yang kemudian akan membentuk suatu opini yang kuat terhadap suatu
produk sehingga mempengaruhi keputusan yang akan diambil dalam pembelian suatu
produk.
c. Pembelajaran
pembelajaran adalah proses mempelajari,
memperhatikan, menyimpulkan suatu hal yang terus berkembang dan berubah seiring
informasi terbaru yang ia terima.
4. faktor kultur
a. sub kultur
sekelompok orang yang memiliki kesamaan agama,
daerah atau bangsa seseorang.
b. kelas sosial
penggelompokkan individu berdasarkan suatu
kesamaan sesuai dengan kelas sosial dimana dia berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar